Jenis-Jenis Busana Muslim Untuk Tampil Trendi



Indonesia adalah negara dengan penduduk beragama muslim terbesar di dunia. Dalam islam sendiri ada perintah bagi kaum wanita untuk menutupi auratnya. Hal ini memunculkan sebuah trend bari di dunia fashion yaitu trend busana muslim. Trend busana muslim ini muncul karena banyak wanita berpakaian muslim yang tetap ingin tampil gaya. Selama ini baju muslim dianggap ketinggalan jaman serta kampungan. Namun jangan salah, jika dikreasikan dengan baik, baju muslim juga bisa tampil gaya dan modis. Berikut ini adalah beberapa kreasi baju muslim yang bisa anda jadikan refrensi untuk dipakai sehari-hari.
·       
  •  Hijab

Hijab adalah jenis busana muslim bagi wanita yang sedang populer di kalangan muslimah saat ini. nama hijab sendiri bahkan dijadikan nama untuk sebuah komunitas pemakai busana muslim di Indonesia. Hijab adalah cara paling simpel dalam menerapkan pemakaian baju muslimah. Hijab adalah sepotong kain persegi yang dilipat sedemikian rupa dan kemudian diikatkan dengan cara khusus di kepala sehingga menutupi sebagian kepala kecuali wajah. Hijab ini bisa dikatakan mirip dengan syal penutup kepala atau saputangan penutup kepala pada mode tahun 70an.

Hijab ini bisa dipadankan dengan blazer dan rok panjang bagi wanita yang bekerja atau bisa juga dipadankan dengan kemeja panjang dan celana jeans untuk gadis-gadis muda yang enerjik. Anda bebas berkreasi dengan hijab ini. bisa dibilang hijab adalah baju muslim paling universal karena mudah pemakaiannya serta pas untuk dipadukan dengan berbagai macam jenis busana.

  •  Kaftan

Beberapa tahun yang lalu kita tentu masih sangat asing dengan nama kaftan, baru akhir-akhir ini busana ini mendadak populer sejak dipakai oleh penyanyi terkenal, Syahrini. Bahkan saking populernya, pedagang-pedagang di toko baju biasa menyebut busana muslim ini dengan sebutan kaftan syahrini. Asal usul kaftan adalah dari kerajaan Persia kuno. Baju semacam tunik ini kemudian menyebar ke beberapa wilayah seiring dengan perkembangan wilayah kerajaan Persia. Hingga kini ada beberapa varian kaftan seperti kaftan maroko, kaftan turki, kaftan afrika barat, hingga kaftan rusia. Di Indonesia sendiri, kaftan sudah melebur ke dalam kebudayaan Indonesia sehingga memunculkan kaftan dengan bahan batik.



Kaftan adalah baju muslimah yang lebar dan terkesan seperti jubah dengan hiasan renda atau border di bagian lehernya. Busanamuslim asal Iran ini terkesan mewah dan glamor sehingga sangat cocok dikenakan untuk berbagai acara resmi seperti pernikahan, pengajian, pertemuan keluarga, idul fitri, dan lain sebagainya. Karena bentuknya yang tidak simpel, maka kaftan ini tidak terlalu cocok dipakai sebagai busana kerja atau busana santai. Kaftan biasa dipadukan dengan hijab atau kerudung dari selendang.
·        
  • Gamis

Gamis jika dilihat sekilas hampir mirip dengan kaftan. Namun perbedaan mendasar dari baju muslim ini adalah bentuknya yang tidak terlalu lebar serta tidak hiasan yang dipakai tidak terlalu glamor. Gamis biasanya berbentuk jubah panjang yang agak longgar dengan kerutan atau lllekukan di bagian pinggang.



Bentuk variasi dari gamis adalah gamis dengan bahan dari kain batik. Sama seperti kaftan, karena bentuknya yang kurang simpel, gamis ini kurang cocok dipakai untuk baju kerja. Gamis biasanya dipakai pada acara-acara keagamaan, menghadiri pernikahan, atau kumpul-kumpul dengan keluarga di hari raya.

  • Ciput

Jika membicarakan jilbab dan busana muslim, tentunya tidak lengkap rasanya jika tidak membicarakan ciput. Ciput adalah kelengkapan atau asesoris yang sering dipakai oleh wanita muslim jika hendak mengenakan jilbab. Bisa dikatakan jika ciput adalah baju dalam sebelum anda mengenakan jilbab. Ciput biasanya dikenakan sebagai dalaman jilbab karena dapat membantu anda untuk merapikan rambut. Ciput digunakan untuk mengumpulkan rambut sehingga jilbab luaran anda akan terlihat lebih tertata dan rapi.



Penggunaan ciput sebagai dalaman jilbab ini menjadi populer ketika digunakan oleh beberapa aktris dalam film Ketika Cinta Bertasbih. Selain dapat menambah gaya pemakai jilbab, ciput juga memiliki fungsi untuk mempertegas bentuk muka serta menahan rambut agar tidak keluar dari jilbab yang sedang dipakai. Dalaman jilbab ini biasanya dipadukan dengan hijab atau kerudung dari selendang.


  •  Rok panjang dan celana blus

Rok panjang dan celana blus adalah jenis-jenis bawahan yang sering dipadankan dengan busana muslim. Banyak muslimah yang berpendapat bahwa celana yang terlalu ketat seperti legging dan jeans masih belum termasuk ke dalam busana muslim. Maka untuk menyikapinya dipakailah celana panjang model blus yang longgar serta menyamarkan bentuk tubuh. Rok panjang juga sering dipilih sebagai bawahan baju muslim jika anda sedang ingin terligat anggun, girly, atau feminin.



Celana blus ini banyak dipakai oleh wanita muslimah yang bekerja karena alasan nyaman dan tidak menganggu pergerakan. Sedangkan rok banyak dipilih oleh ibu rumah tangga yang aktifitasnya tidak terlalu sibuk. 

9 komentar:

  1. lebih banyak lagi ya min :)

    jangan sungkan" buat berkunjung ke blog ku ya!
    saling berbagi artikel...

    blogwalking http://kliknya-disini.blogspot.com

    BalasHapus
  2. Bagus koleksinya kak, mampir di blog saya ya Baju Mutif

    BalasHapus
  3. Sangat bermanfaat sekali ni, jangan lupa cek busana muslim lainnya di ButikMiacom

    BalasHapus
  4. Yuk mampir di blog ane.

    Manfaat vimax

    http://manfaatvimax.blogspot.com/2015/03/pengertian-dan-manfaat-vimax-pembesar-penis.html?m=1

    BalasHapus
  5. Sangat membantu sekali gan artikelnya,, Izin nyimak saja ya gan :)
    http://goo.gl/F4NY33

    BalasHapus
  6. ditambah lagi gan info nya, seperti pashimna, maxi dll

    Koleksi fashion terlengkap dan terbesar di indonesia, kunjungi www.bunda-era.com

    BalasHapus

Copyright © 2012 LifeStyle & Fashion .